BudayaOlahragaWisata

Akhir Pekan di Jakarta, Ibukota Sudah Dekati “Era ½ Normal”

Testing Tracking Treatment Kunci Hadapi Wabah

swarakyatbabel.com Jakarta — Minggu pagi bagi sebagian orang mungkin waktunya bermalas-malasan, menarik kembali selimut demi kembali memejamkan mata dan menikmati waktu luang di akhir pekan, Minggu 01/11/2020.

Namun sebagian lainnya memilih untuk berolahraga, bersepeda atau sekedar berjalan-jalan menghirup udara pagi hari yang segar.

Pantauan wartawan di kawasan BKT (Banjir Kanal Timur) di sepanjang sempadan kanal air raksasa tersebut, nampak ratusan warga sedang menikmati hari libur cuti bersama. 

Tontonan khas Betawi, ondel-ondel. (LH)

Menurut informasi dari warga, sebut saja Sarah, warga Duren Sawit, Ia mengatakan bahwa dirinya bersama kedua orangtuanya rutin berolahraga di kawasan yang dipenuhi pedagang kaki lima.

“Biasanya sih, kalo hari libur kayak gini memang olahraga om, sama ortu terus sama teman-teman, jalan santai aja sampai kearah rumah,” ucap gadis remaja tersebut seraya menunjuk arah jalan yang biasa dilaluinya. 

Sarah bilang, dirinya memang khawatir soal masih berjangkitnya wabah corona di DKI Jakarta, meski begitu Ia bilang di sekitar rumahnya warga yang tertular virus tadi jauh lebih berkurang dari yang sebelumnya. “Kalau dulu sih hampir tiap hari ada ambulan, ngeri banget deh pokoknya. Tapi pas makin banyak orang yang diobati, sekarang aku lihat sih berkurang banget ya,” kata dia.

Perlu diketahui, kehidupan sosial budaya di Provinsi Ibukota Jakarta memang sempat terhenti denyut nadinya. Mengingat dua bulan sebelumnya Jakarta memiliki beban sebagai daerah zona hitam. 

Kawasan BKT Duren Sawit Jaktim (LH)

Artinya, angka penularan di Jakarta sudah masuk tahapan mengkhawatirkan. Daya tampung ruang Isolasi jauh lebih cepat terisi dari daerah lain. Sementara warga yang tetular juga alami pelonjakan yang membuat jeri pemangku kebijakan. 

Kendati begitu, berkat sikap tanggap dan responsif Pemda DKI Jakarta beserta Tim Satgas Penanganan Covid 19, DKI Jakarta patut diapresiasi dengan mengambil langkah taktis berupa penerapan 3T (testing tracking treatment) secara masif, kontinyu dan sistematis.

Warga Jakarta Timur dan sekitarnya sedang nikmati suasana olahraga minggu pagi. (LH)

Angka-angka dibawah ini menunjukkan kinerja 3T yang digenjot Gubernur Anies Baswedan serta jajarannya mulai membuahkan hasil dan imbasnya warga dapat beraktifitas kembali dengan normal, walau bisa dikatakan baru ½ era normal.

Jumlah Orang Dites PCR Hari Ini (31/10) 6.062 (Proporsi tes Jakarta: 22%). Jumlah Orang Dites PCR Sepekan Terakhir 55.442. (Target WHO untuk Jakarta setiap pekan: minimum 10.645)

Tes PCR Total (test rate) per Sejuta Penduduk 120.450. Jumlah Spesimen Dites PCR Hari Ini 7.484. Persentase Kasus Positif Sepekan Terakhir 9,2% Persentase Kasus Positif Secara Total 8,2%. 

Kasus COVID-19 di Jakarta Hari Ini. Data 31 Oktober, 10:00 WIB. Kasus Aktif ada sebanyak 8.908 (Orang yang masih dirawat/isolasi). Total Meninggal 2.255. Tingkat Kematian 2,1%. Total Sembuh 94.434

Kasus Positif Secara Total (+750) 105.597. Tingkat Kesembuhan 89,4% “Sejumlah 165 kasus baru hari ini adalah data positif 1 lab RS swasta 14 hari yang lalu baru,” kata Tim Satgas Penanganan Covid 19 DKI Jakarta. (LH)

 

Tags

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker