Internasional

Lebih dari 50 jenderal dan perwira Ukraina tewas dalam serangan rudal – Rusia

Rudal Khalibr Ungguli Tomahawk

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan rudal Kalibr juga digunakan untuk menghancurkan howitzer dan kendaraan lapis baja M777 yang dipasok Barat.

Jakarta swarakyatbabel.com — Kapal perang telah menghancurkan pusat komando dengan rudal jelajah Kalibr, menewaskan puluhan perwira Ukraina, kata Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Minggu.

“Lebih dari 50 jenderal dan perwira Angkatan Bersenjata Ukraina tewas,” kata pernyataan itu.

Pemogokan terjadi di dekat desa Shirokaya Dacha di Wilayah Dnepropetrovsk. Serangan itu menghantam kompleks tempat komandan beberapa unit Ukraina berkumpul untuk rapat, kata Moskow.

Kementerian menambahkan bahwa rudal Kalibr juga digunakan untuk menghancurkan 10 howitzer M777 dan hingga 20 kendaraan lapis baja yang baru-baru ini dikirim dari Barat, dan telah disimpan di dalam gedung pabrik di kota selatan Nikolayev.

Sementara itu, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina melaporkan pada hari Minggu bahwa artileri negara itu menghancurkan beberapa peluncur roket ganda Rusia.

Rusia menyerang negara bagian Ukraina pada akhir Februari, menyusul kegagalan Kiev untuk mengimplementasikan persyaratan perjanjian Minsk, yang pertama kali ditandatangani pada 2014, dan pengakuan akhirnya Moskow atas republik Donbass di Donetsk dan Lugansk. Protokol yang diperantarai Jerman dan Prancis dirancang untuk memberikan status khusus kepada daerah-daerah yang memisahkan diri di dalam negara Ukraina.

Kremlin sejak itu menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer NATO yang dipimpin AS. Kiev menegaskan serangan Rusia benar-benar tidak beralasan dan telah membantah klaim bahwa pihaknya berencana untuk merebut kembali kedua republik dengan paksa.

Dalam penelusuran redaksi, didapatkan data bahwa rudal sepanjang 9 meter berdaya jelalah tinggi ini mampu melesat dengan kecepatan 900 miles. Jauh diatas kemampuan rudal tomahwak yang jadi andalan US Army dan NATO sekutunya,. Rudal tomahwak sendiri punya kecepatan 500 miles. (*)

source : RUPTLY

Tags

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker