Pertambangan

Tiga Unit Ekskavator Dan Satu Unit Buldoser Hancurkan Lahan Eks PT Koba Tin

Deposit Timah Kawasan Eks Koba Tin Bisa Ludes Digasak Penambang Liar  

Koba, swarakyatbabel.com –  Lahan yang ditinggalkan oleh PT Koba Tin saat sekarang ini menjadi sasaran empuk bagi para penambang ilegal, para penambang tidak segan-segan menghancurkan lahan yang telah di tinggal oleh pihak PT Koba Tin demi meraup keuntungan pribadi, Selasa 7 Juni 2022.

Hal ini terjadi di Wilayah Bembang 12 Desa Terlentang Kec Koba Kab Bangka Tengah yang diketahui sebagai salah satu lahan yang telah di tinggalkan oleh PT Koba Tin. Saat ini telah hancur lebur akibat kembali digarap oleh para penambang dengan menggunakan alat berat. 

Terpantau di lokasi oleh media ini (06/06) terlihat tiga jenis alat berat jenis Eskavator merk Hitachi sedang beraktivitas merusak lahan eks PT Koba Tin, selain Ekskavator terlihat juga satu unit Buldozer, peralatan menambang lengkap jenis TN kurang lebih dua front sedang dioperasikan oleh para pekerja tambang ilegal. 

Laporan reporter juga bilang, akibat aktivitas tambang yang berbatasan dengan perkebunan sawit milik warga disinyalir berpotensi besar menghancurkan tanaman sawit yang  berada di sekeliling lokasi tambang. 

Saat dibincangkan (06/06) salah seorang pekerja BD di lokasi menjelaskan sudah hampir lima bulan tambang ini beroperasi. 

“Sudah hampir lima bulan TN disini beroperasi, pemilik tambang nya SD pak (red-wartawan) warga Koba”, ungkap BD

BD enggan berkomentar banyak terkait tambang di wilayah tersebut, malah mengarahkan pada pemilik tambang, yakni SD untuk ditanya mengenai keberadaan tambang di wilayah tersebut. 

“Silahkan bapak (red-wartawan) tanya sendiri kepada SD untuk lebih jelasnya,” katanya singkat.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Bangka Tengah AKBP Moch Risya Mustario melalui pesan WhatsApp (06/06) belum merespon soal aktivitas tambang yang berada di wilayah Eks PT Koba Tin.

Media juga telah berupaya untuk melakukan konfirmasi lintas sektoral terkait adanya aktivitas tambang ilegal di lahan eks PT Koba Tin, namun belum membuahkan hasil dan akan terus diupayakan agar berita berimbang. (ALD) 

Tags

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker